Senin, 07 September 2009

baik..baik..baikk

"Sangat mudah berbuat baik, yang sulit itu menjadi orang baik"
demikian kalimat yang meluncur lembut darimu. sebuah kalimat yang sungguh sederhana, sesederhana orang yang mengucapkannya.

jika ditelaah, kalimat sakti ini ada benarnya. menjadi orang baik berarti arus diikuti dengan konsekuensi selalu dan selalu berbuat baik. sedangkan untuk berbuat baik, setiap individu tidaklah harus menjadi orang baik.

orang yang dalam keseharian selalu identik dengan kelakukan slengean pun bisa dan sah-sah saja berbuat baik. tidak ada larangan untuk berbuat baik, apalagi di bulan yang sering di sebut-sebut sebagai bulan baik (ramadhan)ini. ya, di bulan ramadhan, entah mendapat inspirasi dari mana, saya dan mungkin anda akan cenderung lebih mudah menemukan kebaikan-kebaikan.

coba saja berdiri di salah satu perempatan ibukota, bukan tidak mungkin anda akan menjadi target dari rencana berbuat kebaikan, misalny mendapat ta'jil untuk berbuka puasa. jika ingin lebih nyata, coba saja iseng-iseng ke panti asuhan. saya berani bertaruh, panti-panti ini pasti akan mendapatkan sumbangan jauh lebih besar di banding bulan-bulan biasa.

tak ada yang salah dari mekanisme ini. tidak. tidak sama sekali.

hanya saja, pikiran usil saya kok malah menggelitik ya? bisa jadi rangsangan berbuat baik ini karena janji Allah yang akan melipatgandakan amal jika berbuat baik di bulan ramadhan. tapi, sayangnya..
orang-orang yang membutuhkan uluran kebaikan itu kan tidak hanya hidup di bulan ramadhan?!! mereka juga harus hidup, berjuang untuk mempertahankan hidup di 11 bulan lain non bulan ramadhan. lalu, bagaimana mereka hidup selama bantuan serasa kemarau?!! setelah dipikir-pikir lagi, sepertinya lebih baik berbuat baik tidak hanya di bulan baik. alangkah lebih baik lagi jika berbuat baik di saat yang baik. saat dimana seseorang di luar sana benar-benar membutuhkan kebaikan. tulus dari hati. bukan karena ingin pelipatgandaan amal. semua dilakukan ya karena ingin berbuat baik. syukur-syukur ya karena dia memang orang baik.

maaf sangat, tulisan ini tak jelas dan tak fokus. maklum, saran membuat outline masih belum juga bisa terealisasi. padahal outline juga merupakan indikator menjadi penulis yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak