Kamis, 03 Maret 2011

Happy Birthday Pisces!!


Maret
Ini adalah bulan yang menarik perhatian saya. Bulan ketiga dalam urutan kalender masehi. Bulan dimana beberapa orang yang saya kasihi merayakan hari lahir. Terpengaruh seorang teman, saya jadi memberi perhatian lebih pada setiap orang yang berulang tahun di bulan Maret.

Mengacu pada cocok-cocokan zodiac yang mengatakan cancer itu berjodoh dengan pisces. Saya cancer.

Jodoh tentu tak selamanya berafiliasi pada pasangan hidup. Jodoh bisa diterjemahkan teman karib.

Mengingat cancer, lipatan otak ini akan mengangkasa membayangkan beberapa kawan yang berada di bawah naungan zodiac yang berlambang ikan ini.

Baiklah, karena iseng saya akan mereview satu-satu dari mereka.

Shelvy
Saya pernah membuat postingan khusus tentangnya. Jadi agak malas jika akan membuat tulisan panjang tentangnya. Yang pasti, dialah yang membuat saya percaya, pisces itu cocok dengan cancer. Siyal, paham itu merasuk dalam otak, diamini sepenuh hati. Hasilnya, langsung ada bunyi ‘klik’ tiap ada cowok lucu yang ternyata berbintang pisces.

Saya tahu itu cuma sugesti. Tapi bunyi ‘klik’ itu kan juga tidak bisa dikendalikan.

Shelvy berulang tahun di tanggal 6.

Iyan
Dia teman saya sejak SMP. Namanya aslinya Sri Maryati tapi orang akan lebih familiar dengan memanggilnya Iyan. Meski kami sudah satu sekolah sejak SMP, namun saya baru akrab dengannya di bangku SMU. Kelas 2 dan 3 kami sebangku. Dia yang tidak alergi pada fisika, kimia, dan matematika terapan sontak menjadi pahlawan bagi saya.

Iyan itu memiliki karakter ceplas-ceplos. Bicara suka seenaknya, tapi itu yang saya suka. Rasa canggungnya tipis, apalagi terhadap saya.

Iyan sering menjadi donator bayangan. Saat SMU, dia sering sekali menjadi penombok uang saat beramai-ramai sedang jalan berpetualang.

Main ke rumahnya pun tak jauh beda. Saya dan teman-teman sering kali ditraktir bakso. Bakso tentu makanan mewah jaman itu.

Saya rasa teman-teman SMU akan mengamini tentang sifat baik-suka menolong yang dimiliki Iyan. Dia tak akan sungkan menjadi seksi repot ini dan itu. Jadi teringat reuni SMU yang berlangsung 8 Agustus tahun lalu. Dia pontang-panting sibuk sana-sini mengkoordinir ini dan itu demi suksesnya acara. Two tumbs for you Iyan!!!

Yah, Iyan memang selalu begitu. Orangnya tipikal nerimo, pengalah dan ya sudahlah. Dia akan pasrah, yang penting semua senang. Jika sedih, jangan harap orang akan sadar. Dia tipikal orang yang pandai menyimpan duka. Dasar introvert terselubung. Jangan heran, dia akan selalu terlihat senang gembira, meski mungkin hatinya sedang berdarah-darah.

Saya yang telah mengenalnya lebih dari 10 tahun saja masih sering salah menerka suasana hatinya.

Tanggal 10 nanti Iyan berulang tahun.

Rere
Ulang tahunnya sama dengan Iyan. Saya mengenalnya pertengahan 2009.

Rere orang yang sangat tertata. Jadi jika dia mau melakukan sesuatu, pasti otaknya telah mengatur step by step apa-apa yang mau dikerjakan. Dia tidak akan mau melakukan Sesutu mengikuti nafsu spontanitas. Baginya, semua akan berjalan baik jika direncanakan dengan matang.

Keahliannya mengutak-atik. Apa saja diutak-atik.

Pernah saat saya pindahan, dia menemukan borgol berkarat. Borgol betulan yang ada lambang kepolisian. Borgol itu dalam kondisi terkunci. Mental mekaniknya menyembul keluar. Diutak-atiknya borgol itu, sampai kemudian si borgol berfungsi kembali.

Tak heran, selalu ada pisau victorinox di dalam tas-nya. Menunjanglah dengan hobi utak atiknya itu.

Bunda Dewi
Yang ini juga berulang tahun di tanggal 10 Maret. Orang paling sepuh dalam jajaran fragmen ini. Saya mengenalnya saat menjadi narasumber di Healthy Life. Narasumber paling mengesankan.

Bunda Dewi seorang hypnotherapist. Hobinya melakukan aksi sosial, bagi-bagi ini itu. Bergaul dengannya mengajarkan saya bagaimana mengambil tindakan dengan hati. Berbagi. Sikap rendah hatinya juga patut diberi stabilo. Meski berasal dari kaum sosialita, Bunda Dewi benar-benar mengaplikasikan pengertian sosialita. Borjuis yang suka melakukan tindakan sosial. Bukan sosialisasi bersama rekan sejawat semata.

Tahun lalu, saya ikut-ikutan di kemeriahan birthday party-nya. Saya ingat persis bentuk kue tart-nya yang tak biasa. Berbentuk boops lengkap dengan singkapan bikini ditambah ulat. Bunda Dewi dikelilingi orang-orang yang mencintainya. Dia seakan menjadi poros dilingkungan pertemanannya.

Baginya, semua masalah bisa diperingan dengan mengatur pola pikir. Berpikiran positif, maka hidupmu akan ringan.

Darisman
Yang ini teman saya di kelas menulis. Sebenarnya sudah cukup lama saya tak berhubungan dengannya. Sampai pertengahan November lalu saya mencari-cari tulisannya.

Darisman seorang pembela buruh. Tak heran, hidupnya didedikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan para buruh yang katanya berupah rendah dan jam kerja menggila.

Darinya saya banyak mendapat wejangan. Dia jadi menyerupai nenek-nenek yang memiliki laci nasehat tinggi sekali. Entah jalan hidup apa yang pernah ditempuhnya, namun dia selalu memiliki kata-kata menyejukkan. Jiah..lama-lama dia bisa menjelma jadi I Gede Prama.

Jadi, jika ada yang punya masalah berat dan ingin curhat, percayalah. Telinganya selebar dunia untuk mendengar keluh kesah.

Bapak ini berulang tahun 12 maret.

Selamat ulang tahun teman-temanku sayang. Semoga ada berkah menyerupai atom yang menggandakan diri melingkupi hari-hari kalian!!!!

2 komentar:

  1. ingat bu yah... aku tanggal 11 maret lho..
    any way.. thanks berat yah..

    "Beratus2/ beribu2 orang mungkin sudah kamu kenal, mungkin saya juga mengalami hal itu. Tapi mereka memang ditakdirkan datang dan pergi. Selalu ada alasan untuk itu. Tapi saya gak punya niat untuk mengurangi satu pun orang2 baik disekitar saya. atau orang yg membutuhkan saya. Jadi siapapun kamu, apapun yg kamu lakukan dengan niat baik kamu (tetaplah seperti itu) akan selalu ada dihidup saya. Bagi saya."
    *qoute yang aku suka...

    BalasHapus
  2. iya..iya..11 Maret!!!!

    aku juga juga membaca quote itu, seperti janji yang diucapkan seseorang, untuk selalu ada, tidak akan meninggalkan.
    berjanjilah padaku, kamu akan selalu seperti ini, selalu ada.

    BalasHapus

tinggalkan jejak